“TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TEMPEL YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA TEMPEL YANG MAJU, MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA” Visi

Artikel

Pengembangan Organisasi, Edukasi DaGuSiBu, dan Demonstrasi Penggunaan Spinner Peniris Minyak dan Slicer kepada PKK

07 Agustus 2023 14:54:05  AHMAD SALIM  65 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada tanggal 2 Agustus 2023, Tim KKN-PPM UGM memaparkan beberapa sosialisasi kepada anggota PKK di Balai Desa Tempel, Kec. Wedung, Kab. Demak. Sosialisasi yang dilakukan yakni pengembangan organisasi, edukasi DaGuSiBu, dan demonstrasi penggunaan alat spinner peniris minyak dan slicer.

Materi pertama yakni pengembangan organisasi. PKK selaku salah satu organisasi desa diberikan pelatihan mengenai pengembangan organisasi, dalam hal ini ditekankan pada pengembangan UMKM dan sumber daya manusia beserta aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan. Harapannya, materi yang telah dipaparkan dan diskusi yang telah dilakukan dapat menjadi suatu bekal dan motivasi kepada PKK untuk mendirikan dan menjalankan UMKM dengan sumber daya alam yang ada.

WhatsApp Image 2023-08-07 at 13-50-51 WhatsApp Image 2023-08-07 at 13-51-09 

Kemudian edukasi DaGuSiBu (Dapat Gunakan Simpan Buang) mencakup cara-cara mendapat, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat-obatan berdasarkan jenis, sifat, dan keterangan lainnya pada obat tersebut. Harapannya, para anggota PKK dapat lebih disiplin terhadap prosedur DaGuSiBu berdasarkan obat-obatannya.

Materi terakhir yakni pengenalan, demonstrasi, modal, beserta cara membuat alat spinner peniris minyak dan slicer. Alat spinner digunakan untuk mengeringkan minyak dari makanan dengan lebih cepat, dan alat slicer digunakan untuk mengiris bahan makanan lebih cepat. Alar didemonstrasikan dengan bawang merah, sebagai salah satu hasil pertanian yang berlimpah di Desa Tempel. Harapannya, kedua alat ini dapat dimanfaatkan pada kegiatan rumah tangga agar proses memasak lebih cepat dan efektif, dan dapat menjadi unsur pendorong terciptanya suatu UMKM dari sumber daya alam yang berlimpah, seperti pengolahan bawang merah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Bungo - Tempel Wedung Demak
Desa : Tempel
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon :
Email : kantordesatempel@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:63
    Kemarin:58
    Total Pengunjung:75.581
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.16.48.122
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel