“TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TEMPEL YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA TEMPEL YANG MAJU, MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA” Visi

Artikel

KEGIATAN SEKOLAH LAPANG BAGI PETANI DI DESA TEMPEL TERKAIT SISTEM PERTANIAN BAWANG MERAH BERBASIS ORGANIK BERSAMA TIM KKN-PPM UGM

22 Agustus 2024 13:22:07  KISYANTO  12 Kali Dibaca  Berita Desa

Kegiatan Sekolah Lapang bagi petani di Desa Tempel terkait Sistem Pertanian Bawang Merah berbasis Organik dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 di Lahan Sawah Bapak Khariri dan dibantu oleh tim KKN-PPM UGM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada).

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan melakukan pemberian materi bahan organik untuk lahan sawah bawang merah yaitu biochar dari arang sekam padi dan pupuk kmopos dari Jerami yang dilanjutkan dengan praktek lapangan pembuatan dan penggunaan bahan organik tersebut. Kegiatan sekolah lapang diikuti oleh kelompok petani secara antusias yaitu terdapat banyak petani yang bertanya seputar kegiatan sekolah lapang seperti manfaat dan cara pembuatan serta membantu dalam pembuatan dan pengaplikasian bahan organik biochar dan pupuk kompos ke lahan sawah Bapak Khariri. Kegiatan sekolah lapang tersebut dilakukan oleh dua mahasiswa tim KKN-PPM UGM yaitu Alief Gymnastiar Habibie dan Binda Mustika Faradita. Kegiatan sekolah lapang diakhiri dengan foto bersama oleh tim KKN PPM UGM dan Kelompok Petani di Desa Tempel.

Melalui kegiatan sekolah lapang ini, diharapkan para petani di Desa Tempel dapat memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam mengenai manfaat, cara pembuatan, dan cara aplikasi bahan organik seperti biochar dan pupuk kompos ke lahan sawah bawang merah milik masing-masing kelompok petani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Bungo - Tempel Wedung Demak
Desa : Tempel
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon :
Email : kantordesatempel@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:33
    Kemarin:58
    Total Pengunjung:75.551
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.188.242.160
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel