“TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TEMPEL YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA TEMPEL YANG MAJU, MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA” Visi

Artikel

PELATIHAN DIGITALISASI ARSIP KELUARGA SEBAGAI BENTUK PREVENTIF DARI BENCANA ALAM DAN DIVERSIFIKASI OLAHAN BAWANG MERAH MENJADI PASTA KEPADA ANGGOTA PKK DI DESA TEMPEL OLEH TIM KKN-PPM UGM

22 Agustus 2024 13:09:17  KISYANTO  19 Kali Dibaca  Berita Desa

Kegiatan Sosialisasi Pelatihan Digitalisasi Arsip Keluarga Sebagai Bentuk Preventif dari Bencana Alam dan Diversifikasi Olahan Bawang Merah Menjadi Pasta Bawang Merah kepada Ibu-Ibu PKK di Desa Tempel dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024 di Balai Desa Tempel Kecamatan wedung Kabupaten Demak, yang dilakukan oleh tim KKN-PPM UGM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada).

Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 hingga 16.30 WIB dengan melakukan pengenalan digitalisasi arsip kepada ibu-ibu PKK di Desa Tempel. Pengenalan yang dilakukan adalah menjelaskan manfaat, jenis, dan langkah melakukan digitalisasi arsip. Digitalisasi arsip penting karena dapat memastikan dokumen penting tetap aman dan mengurangi risiko kehilangan informasi penting yaitu sertifikat rumah dan tanah serta kartu identitas seperti SIM, KTP, dan Akta Kelahiran. Kegiatan sosialisasi tersebut diberikan oleh salah satu mahasiswa tim KKN-PPM UGM yang bernama Sausan Adelia Galuh Tri Juasni. Selanjutnya, dilakukan kegiatan Diversifikasi Olahan Bawang Merah Menjadi Pasta Bawang Merah. Kegiatan tersebut mencakup penjelasan tentang potensi bawang merah dan praktek pembuatan pasta dari bawang merah kepada Ibu-Ibu PKK di Desa Tempel. Kegiatan diversifikasi tersebut diberikan oleh salah satu mahasiswa tim KKN-PPM UGM yang bernama Binda Mustika Faradita. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada Ibu-Ibu PKK Desa Tempel yang dapat menjawab pertanyaan terhadap kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan maupun ikut membantu dalam praktek pembuatan pasta bawang merah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan informasi penting mengenai cara melakukan digitalisasi arsip untuk mengamankan dokumen penting maupun mengolah bawang merah menjadi produk baru yaitu pasta bawang merah kepada anggota PKK di Desa Tempel.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Bungo - Tempel Wedung Demak
Desa : Tempel
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon :
Email : kantordesatempel@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:24
    Kemarin:58
    Total Pengunjung:75.542
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.137.178.169
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel