“TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TEMPEL YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA TEMPEL YANG MAJU, MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA” Visi

Artikel

PIN POLIO TAHAP I DESA TEMPEL KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK

01 Februari 2024 10:44:00  MANSHUR SURATMAN  32 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari Jum'at tanggal 19 Januari 2024, telah dilaksanakan kegiatan PIN Polio Tahap 1 Di Desa Tempel Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Kegiatan diikuti oleh semua anak usia 0 sampai 7 tahun sejumlah 225 anak di posyandu balita melati 1 dan 2, juga di sekolah - sekolah diantaranya KB dan TK Permata, KB Siti Khotijah, TK Setya Budi dan SDN Tempel. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Tempel ( BP. Luthfi Maula, SPd ) dan Ketua TP PKK Desa Tempel ( Ny.Devi Afri Yani Luthfi Maula ).

Sub PIN Polio adalah kegiatan pemberian imunisasi polio tetes tambahan kepada sasaran anak usia 0 hingga 7 tahun. Ini termasuk anak pendatang dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Apa Manfaat Imunisasi Polio

Imunisasi anak polio bermanfaat untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio. Vaksin anak dapat menekan risiko tertular virus polio hingga dewasa. Bila sudah mendapatkan vaksin polio saat berusia kanak-kanak, orang dewasa pada umumnya tidak lagi memerlukan imunisasi.

Dengan pemberian imunisasi anak, bukan hanya anak tersebut yang menerima manfaatnya. Keluarga si anak juga akan mendapatkan manfaat secara ekonomi karena bisa mengurangi risiko pengeluaran biaya di masa mendatang untuk mengobati penyakit polio.

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menggalakkan program imunisasi anak polio. Pemerintah menyediakan vaksin anak polio gratis lewat posyandu dan puskesmas serta fasilitas pelayanan kesehatan lain sebagai bagian dari program imunisasi dasar.

Kapan Imunisasi Polio Dapat Diberikan?

IDAI telah menyusun jadwal imunisasi anak yang menjadi acuan pemberian vaksin anak di seluruh Indonesia. Menurut jadwal imunisasi IDAI, anak semestinya mendapat imunisasi polio saat lahir, lalu ketika usianya 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan.

Vaksin anak berupa vaksin oral ketika anak baru lahir. Setelahnya, anak mendapat vaksin inaktif lewat suntikan. Anak juga bisa menerima vaksin polio ketika berusia 18-24 bulan dan 5 tahun sebagai imunisasi anak tambahan (booster) guna lebih memberikan perlindungan kepada anak.

Berapa Kali Vaksin Polio Diberikan?

Sesuai dengan rekomendasi IDAI, pemberian vaksin polio minimal sebanyak 4 kali, termasuk ketika bayi lahir di rumah sakit, bidan, atau rumah orang tua sendiri. Jika menghitung vaksin anak tambahan Bila telat memberikan imunisasi anak polio, orang tua tak perlu mengulang dosis vaksin anak sejak awal, melainkan bisa langsung meneruskan vaksinasi seturut jadwal. Vaksin polio umumnya diberikan bersamaan dengan vaksin DPT-HB-Hib (vaksinasi pentavalen).

Efek Samping Vaksin Polio

Vaksin anak apa pun memiliki efek samping, termasuk untuk imunisasi anak polio. Tapi, secara umum, vaksin polio aman. Efek samping yang muncul biasanya ringan dan akan hilang dengan sendirinya, contohnya:

  • Bekas suntikan di kulit
  • Demam
  • Nyeri di area suntikan

Semoga dengan dilaksanakannya PIN Polio ini, bisa menjadikan anak-anak bebas polio.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Bungo - Tempel Wedung Demak
Desa : Tempel
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon :
Email : kantordesatempel@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:113
    Kemarin:58
    Total Pengunjung:75.631
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.12.155.249
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel