“TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TEMPEL YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA TEMPEL YANG MAJU, MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA” Visi

Artikel

Bawang merah masih menjadi komoditas pertanian utama yang dibudayakan di Desa Tempel

10 Agustus 2023 11:05:29  AHMAD SALIM  71 Kali Dibaca  Berita Desa

Bawang merah masih menjadi komoditas pertanian utama yang dibudidayakan di Desa Tempel. Mayoritas petani di desa ini menanam bawang merah, baik di lahan milik pribadi maupun lahan garapan. Menurut hasil wawancara dari beberapa petani bawang merah, alasan utama mereka membudidayakan bawang merah adalah karena mudah ditanam, cepat panen, serta lebih menguntungkan.

WhatsApp Image 2023-08-10 at 10-00-23

Petani biasanya memanen bawang merah saat berumur 50-60 hari setelah tanam. Dalam satu hektar lahan dihasilkan sekitar 7-9 ton bawang merah. Setelah proses panen, sebagian besar bawang merah akan di jual ke tengkulak dalam bentuk bawang merah segar, sebagian lagi dikonsumsi secara pribadi dan sisanya disimpan untuk dijadikan bibit pada masa tanam berikutnya.

WhatsApp Image 2023-08-10 at 10-00-34

Selain bawang merah, petani di Desa Tempel juga menanam komoditas pertanian lainnya, yaitu padi, tanaman hortikultura (cabai, terong, tomat), serta kacang-kacangan. Tanaman-tanaman tersebut biasanya ditanam dalam satu lahan dengan bawang merah menggunakan sistem tumpang sari. Tanaman bawang merah ditanam terlebih dahulu di lahan, setelah cukup tinggi kemudian ditumpangsarikan dengan tanaman lainnya. Menurut petani, cara ini cukup efektif untuk mengoptimalkan pengolahan lahan serta meningkatkan pendapatan mereka.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Bungo - Tempel Wedung Demak
Desa : Tempel
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon :
Email : kantordesatempel@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:96
    Kemarin:58
    Total Pengunjung:75.614
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.232.137
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel